Pengaruh Permainan Tradisional Jaluar Onau Terhadap Kemampuan Motorik Kasar pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 3 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru
Abstract
Penelitian ini didasari oleh pengamatan peneliti di TK Negeri Pembina 3 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, pengamatan ini terhadap kemampuan motorik kasar pada anak belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penelitian menggunakan permainan tradisional Jaluar Onau. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh permainan tradisional Jaluar Onau terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina 3 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dari bulan April 2019 sampai Juli 2019 untuk observasi dan penelitian. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan jumlah sampel 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan motorik kasar anak. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan I.BM SPSS statistik ver 23. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 24,218 lebih besar dari pada ttabel = 2,093 dengan sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan motorik kasar pada anak yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan permainan tradisional Jaluar Onau. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh permainan tradisional Jaluar Onau terhadap kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru sebesar 56,79%.
Downloads
References
[2] BP-PLSP, James Danandjaja, Kurniati. Pengertian Permainan Tradisional yang BenarMenurut Ahli https;//www.google.com/search? (diakses Mar 26, 2018)
[3] Depdikbud. 2014. Permendikbud No 137-2014: Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. BNSP. Jakarta
[4] Depdiknas. 2004. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan diTaman Kanak-kanak. Jakarta
[5] Dharmamulya, Sukirman, dkk. 2008. Permainan Tradisional Jawa.Yogyakarta: Kepel Press.
[6] Dipeparsebud. 2005. Permainan Tradisional Lampar.Kabupaten Kampar:
[7] Fadlillah, M. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
[8] Febrialismanto, 2017. Analisis motorik kasar anak usia 5-6 tahun di taman kanak – kanak kecamatan bangkinang kabupaten kampar. PG-PAUD FKIP Universitas Riau. (Diakses pada 08 Agutus 2019).
[9] Hidayah Rahma .(2018). Permainan Tradisional Lompat Kodok Hasil Pengelolaan Data Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anakhttp://repository.uinsu.ac.id/4155/1/SKRIPSI%20HIDAYA%20RAHMA.pdf
[10]Imma’u Rochmani. (2016). pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Anak di TK IT Baiturrahman Prambanan Kabupaten Klaten http://eprints.ums.ac.id/45214/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. (Diakses pada 15 Agustus 2019)
[11]Janice J.Beaty.2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenadamedia Group.Jakarta.
[12]Lita Erdiana .(2016). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor terhadap perkembangan motorik kasar dan sikap kooperatif anak tk kelompok B di Kecamatan Sidoarjo https://www.bing.com/search?q=+Pengaruh+Permainan+Tradisional+Gobak+Sodor+terhadap+perkembangan+motorik+kasar+dan+sikap+kooperatif+anak+tk+kelompok+B+di+Kecamatan+Sidoarjo.html (Diakses pada tanggal 02 Agustus 2019)
[13]Masnipal, 2008. Model Pengembangan Kreativitas Jurnal educhild pendidikan, sosial dan budaya Melalui Permainan Konstruktif Dalam Proses Pendidikan Anak Usia Dini. Disertai Pascasarjana UPI. Bandung.
[14]Rita kurnia & Zulkifli N. 2016. Efektifitas pemanfaatan alat permainan edukatif (APE) bahan lokal untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun TK melati dharma wanita air tiris kecamatan kampar. Jurnal educhild pendidikan, sosial dan budaya. PG-PAUD FKIP Universitas Riau.
[15]Ria Novianti. Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. EDUCHILD.Vol. 01.No. 1 Tahun 2012.
[16] Sungai Kuantan. 2009. Pacu Onau-Dahulu dan Sekarang. http://sungaikuantan.blogspot.co.id/2009/01/pacu-onau-dahulu-dan sekarang.html(Diakses pada 07 Agustus 2019)
[17] Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabeta
[18] Sujiono & Yiliani Nuraini, 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Indeks. Jakarta.
[19] Sujiono, dkk, 2007. Metode Perkembangan Motorik. Modul 1. Bandung: Universitas Terbuka.
[20] Sumarjilah .(2014). meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B melalui bermain estafet di TK Mekar Siwi Ngaran Kaligesing Purworejo http://eprints.uny.ac.id/14317/1/SKRIPSI_Sumarjilah.pdf
[21] Suyadi. 2010. Psikologi belajar pendidikan anak usia dini. PT pustaka insan madani, anggota IKAPI. Yogyakarta.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.