Hubungan Kedisiplinan Dengan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kuantan Singingi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antara kedisiplinan dengan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Dharma Wanita Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi kuantitatif untuk melihat hubungan antara variabel bebas dengan terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi Person Product Momen dengan program IBM SPSS for Windows Ver. 23. Dari hasil penelitian diketahui tingkat kedisiplinan berada dalam kategori kurang dengan nilai persentase 40,79% dan tingkat kecerdasan interpersonal anak berada dalam kategori kurang dengan nilai persentase 45,25%. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan dengan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Kuantan Singingi. Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien korelasi sebesar rxy = 0,566 dan nilai koefisien determinan yang dihasilkan sebesar KD = r² x 100% = 32,04% memiliki makna bahwa kedisiplinan memberi pengaruh sebesar 32,04% terhadap kecerdasan interpersonal.
Downloads
References
[2] Anita, Yus. Penilaian Perkembangan Belajar Anak TK. Jakarta. Media Group.
[3] Azwar. Saifuddin. 2013. Metode Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[4] Armstrong, Thomas. 2002. Kind Of Smart ( Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multipedia Intelegence. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
[5] Arlin, Meila 2015. Hubungan Reward dengan Disiplin Anak. Skripsi.Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. http://jurnal.untan.ac.id (Online) (diakses 28 Juni 2019)
[6] Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
[7] _______2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara
[8] B. S. Sidjabat. 2012. Membesarkan anak dengan kreatif. Yogyakarta.Penerbit Buku dan Majalah Rohani.
[9] Campbell, Linda. Campbell Bruce Dickinson. 2002. Multiple Intelegensi Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok.Inisiasi Press.
[10] Diah Wahyu Muryastuti. 2015. Kontribusi Kecerdasan Moral dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Kedisiplinan Mematuhi Tata Tertib Sekolah. Jurnal.unnes.ac.id
[11] Dian Permata Sari. 2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun.http://jom.unri.id
[12] Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta
[13] Hanisah. 2014. Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Melalui Kegiatan Bercerita Berbantuan Media Film/VCD. https://jurnal.Uny.ac.id. (Online) (diakses 18 Januari 2019)
[14] Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlanga
[15] Hamzah. B. Uno. Masri Kuadrat Umar. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
[16] Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta. Rajawali Press.
[17] Maria Montessori. 2013. Panduan Wajib untuk Orangtua Didik PAUD. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
[18] Maria J. Wantah. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
[19] Muhammad Aziz. 2017. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Melalui Metode Demontrasi Pada Kelompok B di TK Putri Listio Desa Dalu Sepuluh-a Kecamatan Tanjung Marawa Kabupaten Deli Serdang. http://journal.uad.ac.id (Online) (diakses 20 Juni 2019)
[20] Muhammad Yusri Bachtiar. 2017. Pengaruh Bermain Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Kelas A di TK Buah Hati di Kota Makasar. www.Syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady. (Online) (diakses 25 juli, 2019)
[21] Nita Andriyani. 2017 . Hubungan Disiplin Kerja Guru dengan Keterampilan Mengelola Kelas TK di Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. http://jom.unri.id
[22] Ria Novianti. 2018. Parent-tink. Pekanbaru: Stiletto Indie Book. Jogja. Universitas Riau. 2019
[23] _______2012. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini . Pekanbaru: UR Press.
[24] Ria Novianti. 2012. Teknik Observasi Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Educild: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya
[25] Rita Kurnia. 2009. Metodologi Pengembangan Bahasa AUD. Cindekia Insani. Pekanbaru. Universitas Riau 2019
[26] Silfia Ningsih. 2016. Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. https://jurnal.Uny.ac.id. (Online) (diakses 28 Agustus 2019)
[27] Suci Lukitasari. 2017. Deskripsi Kedisiplinan Anak Usia Dini do TK Pedagogia. PAUD Yogyakartahttp://jurnal.ums.ac.id (Online) (diakses 28 Juni 2019)
[28] Wahyuni, dkk. 2019. Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Token Economy. https://jurnal.Uny.ac.id. (Online) (diakses 28 Agustus 2019)
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.