Pendampingan Pendidikan Karakter Mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram dalam Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat
Abstract
Kegiatan kemah Bakti Masyarak (KBM) merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh HMPS PGSD Universitas Mataram. Tujuan kegiatan KBM ini adalah membantu masyarakat desa mitra dalam menyelesaikan permasalahan di desa mitra tersebut dengan cara mengimplementasikan pendidikan karakter yang diperoleh oleh mahasiswa HMPS PGSD Universitas Mataram di dalam perkuliahan. Kegiatan KBM dilakukan di dusun Batu Pasir. Kegiatan KBM berlangsung selama seminggu. metode yang dilakukan mahasiswa sebelum melakukan KBM adalah survey lokasi, wawancara dengan perangkat masyarakat dan diakhiri dengan meminta ijin kepada perangkat masyarakat untuk melakukan KBM. Adapun permasalahan yang terdapat di desa mitra ini adalah kurangnya guru membaca Al-Quran, pembangunan mushola dusun, serta perbaikan fasilitas MCK. Program KBM dilakukan oleh tim pengabdi Bersama mahasiswa HMPS dan dibantu oleh unsur masyarakat. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan berhasil. Hal ini diperoleh dengan melalui hasil wawancara dengan perangkat dusun serta masyarakat sekitar yang merasa terbantu dengan adanya kegiatan KBM yang dilaksanakan di dusun Batu Pasir.
Downloads
References
Agustian, G. (2010). Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Restrukturisasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY.
Ermayani, T. (2016). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(2), 127–141. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8618
Filtri, H., Bastian, A., & Reswita, R. (2017). Peran Komunikasi Orangtua dengan Guru dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Dinamisia-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–4.
Laksana, S. D. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa Di Sekolah. MUADDIB, 05(01), 167–183.
Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.
Pertiwi, E. prasetya. (2018). Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran “Aspek Nilai Moral Agama Melalui Pendidikan Karakter Dan Pengenalan Pancasila” Di Paud Labschool Jember Tahun Pelajaran 2016-2017. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 113–123. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.761
Pradana, Y. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. UCEJ, 1(1), 55–67.
Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakulatas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 348–352. Medan: UNIMED.
Supraptiningrum, supraptiningrum, & Agustini, A. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, V(2), 219–228.
Suwandayani, B. I., & Isbadrianingtyas, N. (2017). Peran Budaya Sekolah Dalam pembentuka Karakter Anak Sekolah Dasar. Prosiding SENASGABUD, 34–41. Malang: UMM.