Sains Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis IT Guru SMP PGRI Kabupaten Pelalawan
Abstract
Di tengah merebaknya pandemi Covid-19 secara global, pemerintah memberlakukan Belajar Dari Rumah (Learning From Home) di masing-masing daerah selama pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat). Pendidik khususnya guru memiliki tugas untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara online. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa guru tidak lagi menghadapi kesulitan dalam mengakses dan menggunakan teknologi TIK, terutama dalam proses pembuatan video pendidikan tentang topik tertentu, dan siswa akan dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan. Hal ini untuk dapat memahami dan secara tidak langsung memotivasi siswa didalam belajar. Format pelaksanaannya adalah Luring, dengan tutorial langsung praktek. Para guru juga diberikan proyek mandiri sebagai indikator pemahaman dan peningkatan keterampilan terhadap media pembelajaran video. Pihak mitra memberikan respon positif terhadap pendampingan ini dengan mencoba menggunakannya dan sangat terbantu dengan adanya kegiatan pengabdian berupa pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi OBS( Open Broadcast Software). Berdasarkan hasil kuesioner dari evaluasi yang diisi oleh guru-guru setelah kegiatan selesai didapatkan 52,2% yang puas dan 45% sangat puas dengan adanya pelatihan pembuatan video pembelajaran ini.
Downloads
References
G. Regulation. (2003). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta Peratur. Pemerintah.
Hasan, F.N., Yos, F., dkk. (2022). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software Bagi Guru. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 806-814. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.9785.
Hayaty, M., Wahyuni, Istiningsih, S. N., Putra, A. D., Maemunah, M., Satya, B., & Nurani, D. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Pembelajaran Menggunakan Open Broadcast Software. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i2.142.
Ilham, A., Sarip, M., & Setiadi, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab Melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Berbasis Open Journal System. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.7803.
Krisbiantoro, D., Azis, A., & Fitrian, A. (2021). Pelatihan OBS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Kreativitas Guru SD Negeri 1 Pliken Pada UPK Kec. Kembaran Banyumas. JURPIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Dharma Patria, 2(3), 432–443. https://doi.org/https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i3.692.
Maesaroh, M., Gufron Amirullah, Eka Kartikawati, & Mega Elvianasti. (2020). Pelatihan Pembelajaran Biologi Berbasis ICT bagi Guru Muhammadiyah DKI Jakarta. Jurnal SOLMA, 9(2), 347–353. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.4897.
Prabowo, C. (2021). Ibukota DKI Jakarta Dalam Menghadapi Pandemi COVID 19. Jurnal Syntax Administration, 2(1), 38–48. Retrieved from https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/172 .
Praptama, S. S., Setiyoaji, W. T., & Purwaningsih, E. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 131–140. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2934.
Qorib, A., & Zaniyati, H. S. (2021). Penggunaan Open Broadcast Software Studio dalam Mendesain Video Pembelajaran Era Pandemi. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam STAI Syaichuna Moh. Cholil Bangkalan, 12(1), 87–98. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/syaikhuna/article/view/4320.
Qorib, A. (2021). Developping Interactive Learning Media Using OBS to Create Video Lecturer for “Preaching Islamic Hospitality. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–69. https://doi.org/https://doi.org/10.36840/ulya.v6i1.438.
Rizal, A., Adam, R. I., & Susilawati. (2018). Sistem Kelas Virtual dan Pengelolaan Pembelajaran Berbasis 3-Dimensional Virtual World. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 4(2), 132–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jp.v4i2.27449.
Rizana, D., & Huda, M. (2021). Training on making learning videos using OBS studio. Community Empowerment, 6(5), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31603/ce.4527.
Sidik, F., Suhada, I., Anwar, A. H., & Hasan, F. N. (2022). Analisis Sentimen Terhadap Pembelajaran Daring Dengan Algoritma Naive Bayes Classifier. Jurnal Linguistik Komputasional, 5(1), 34–43. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jlk.v5i1.79.
Wulansari, A., Wulanjani, A. N., Arvianti, G. F., Anggraini, C. W., & Ratnaningsih, E. (2021). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 328–334. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10551.