PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DENGAN MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER
Abstract
Kemandirian siswa di sekolah memiliki nilai penting dan dapat diwujudkan dengan adanya koperasi siswa. SMAN 5 Denpasar memiliki koperasi siswa yang mendorong kemandirian siswa melalui penjualan produk. Namun, belum pernah dilakukan pengukuran kepuasan konsumen, dimana konsumennya mencakup seluruh warga sekolah. Pengukuran kepuasan konsumen sangat penting dalam bisnis dan organisasi mengingat setiap tahun kebutuhan dan komposisi siswa serta warga sekolah dapat berubah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen koperasi siswa SMA Negeri 5 Denpasar dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Berdasarkan hasil pengujian 107 data dengan 80 data training dan 27 data testing diperoleh nilai akurasi, nilai presisi dan nilai recall yaitu 100% dengan prediksi tidak puas dan realita true tidak puas sebanyak 13 record. Prediksi tidak puas dan realita true puas sebanyak 0 record. Prediksi puas dan realita true tidak puas sebanyak 0 record dan prediksi puas dengan realita true puas adalah sebanyak 14 record.
Downloads
Copyright (c) 2024 ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.