JURNAL TEKNIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik <p>Jurnal Teknik is a journal in the field general of Electrical Engineering, Civil Engineering and Architecture . The articles published in this journal that&nbsp; have gone through a review process by reviewers. Published twice a year, in April and October.</p> en-US [email protected] (David Setiawan) [email protected] (Widya Apriani) Tue, 30 Apr 2024 05:15:24 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PEMETAAN LAJU EROSI DENGAN PENDEKATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KECAMATAN KEDEWAN KABUPATEN BOJONEGORO https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/19666 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tingkat bahaya erosi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Sistem Informasi Geografis (GIS), Serta Perhitungan <em>Universal Soil Loss Equation</em> (USLE) untuk menilai tingkat bahaya erosi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa tingkat bahaya erosi yang paling tinggi mencapai 296,61 hektar, sedangkan untuk tingkat erosi yang paling rendah yang mencakup 3393,37 hektar. Faktor panjang dan kemiringan lereng di kecamatan kedewan berpengaruh pada tingkat bahaya erosi. Perlu adanya penelitian lebih lanjut di kecamatan kedewan, karena penelitian ini hanya menggunakan data sekunder.</p> Raihan Fiqri Noor Aliffian, Mrabawani Insan Rendra, Zainuddin Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/19666 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 KORELASI KADAR FLY ASH DENGAN PENAMBAHAN ZAT ADITIF MASTERGLENIUM ACE 8595 TERHADAP KUAT TEKAN BETON https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/19309 <p>Beton merupakan bahan konstruksi yang penting digunakan pada struktur bangunan. <em>Superplasticizer </em>adalah zat aditif yang meningkatkan karakteristik beton pada berbagai variasi mutu beton.&nbsp; Salah satunya penggunaan bahan tambahan zat aditif <em>Masterglenium ACE 8595</em>. Variasi abu terbang (<em>fly ash</em>) memiliki keuntungan seperti bahan yang tidak menyusut, tidak mudah mengalami retakan, permeabilitas dan mengurangi panas hidrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi&nbsp; <em>fly ash</em> dengan penambahan zat aditif <em>Masterglenium ACE 8595 </em>terhadap kuat tekan beton. Metode penelitian yaitu studi eksperimental pada Laboratorium dengan metode DOE (<em>Department of Environment</em>) sesuai SNI 03-2834-2000.&nbsp; Benda uji berbentuk silinder ukuran 300 x 150 mm sebanyak 36 sampel. Benda uji akan diuji kuat tekan setelah umur 14 dan 28 hari. Hasil penelitian diperoleh kuat tekan tertinggi umur 14 hari pada variasi <em>fly ash</em> 5 % dari berat semen sebesar 30,56 MPa dan nilai kuat tekan yang terendah pada variasi <em>fly ash</em> 7 % dari berat semen sebesar 17,35 MPa. Hasil penelitian diperoleh kuat tekan tertinggi umur 28 hari pada variasi <em>fly ash</em> 5 % dari berat semen sebesar 36,22 MPa dan nilai kuat tekan yang terendah pada variasi <em>fly ash</em> 7 % dari berat semen sebesar 28,58 MPa. Kesimpulan dari penelitian bahwa terdapat hubungan yang bertolak belakang antara variasi <em>fly ash</em> terhadap kuat tekan beton dengan nilai hubungan sebesar -0,955 pada umur beton 14 hari dan kuat dan -0,842 pada umur 28 hari. Hipotesis korelasi ganda pada umur 14 hari nilai sebesar 0,380 dan umur 28 hari dalam nilai sebesar 7,13.</p> Kartika Marpaung Marpaung, Widya Apriani, Hendri Rahmat Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/19309 Thu, 16 May 2024 03:42:29 +0000 ANALISIS SISTEM KELISTRIKAN PADA BEBAN MOTOR MESIN PENCACAH SAMPAH ORGANIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/16428 <p>Perkembangan zaman menuntut kemudahan diberbagai sisi. Dalam rangka pengurangan penggunaan energi fosil secara langsung diberbagai sisi, banyak cara telah dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengkonversi penggerak mesin diesel menjadi mesin listrik akan menurunkan biaya pokok produksi. Hal ini juga terlihat pada kendaraan (sepeda motor maupun mobil) yang pelan namun pasti berubah ke penggunaan energi listrik. Pencacahan sampah organik menjadi kompos telah dilakukan diberbagai tempat. Hanya saja, mayoritas mesin yang digunakan berpenggerak dengan memanfaatkan energi fosil. Perubahan penggerak diesel menjadi motor listrik memerlukan kajian yang mendalam agar keberlangsungan produksi kompos dapat terjaga. Analisis untuk mendapatkan kapasitas mesin penggerak yang sesuai telah dilakukan, dan disesuaikan dengan mata pisau yang digunakan. Pencacah yang menggunakan konstruksi pisau berbentuk kipas dengan sejumlah mata yang tajam memotong benda yang didekatkan padanya. Hasil yang diperoleh dapat mengimplementasikan penggunaan mesin listrik sebagai penggerak awal mesin pencacah sampah organik</p> Hamzah Eteruddin, Arlenny Arlenny, Ambar Tri Ratnaningsih Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/16428 Thu, 16 May 2024 04:18:06 +0000 ANALISIS FAKTOR DAYA MOTOR INDUKSI TIGA PHASA DENGAN METODE MEASURED CURRENT ONLY (MCO) https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/18027 <p>Faktor daya merupakan rasio dari daya aktif P terhadap daya semu |S| pada rangkaian arus bolak-balik, yang bisa dijadikan suatu patokan efisiensi suatu alat. Faktor daya pada beban induktif selalu memiliki faktor daya yang rendah karena mengkonsumsi daya reaktif yang berlebih. Salah satu beban induktif yang banyak digunakan di dunia industri adalah motor induksi tiga phasa. Dari definisi diatas, pengukuran faktor daya memerlukan alat ukur tegangan dan arus stator. Penelitian ini menawarkan pengukuran faktor daya yang hanya memerlukan pengukuran arus stator dan nilai arus dan faktor daya <em>rating</em> yang terdapat pada <em>datasheet</em> motor yang disebut <em>Measured Current Only</em> atau MCO. Metode MCO yang dicetuskan oleh Abhisek Ukil et al menyatakan bahwa arus reaktif pada motor induksi dianggap konstan. Motor induksi tiga phasa 1 hp yang terdapat pada Laboratorium Teknik Elektro Universitas Lancang Kuning digunakan sebagai objek penelitian faktor daya metode MCO. Rata-rata error perbandingan arus stator dari data pengukuran terhadap data program .m file adalah 1,41899%, sedangkan rata-rata error arus stator data simulasi terhadap data program .m file adalah 0,42054%. Perbandingan faktor daya metode MCO terhadap faktor daya metode lain dari data pengukuran memiliki nilai rata-rata error 5,62962% - 5,71992%. Apabila beban yang digunakan dari 3,6 N.m Sampai 5,8 N.m, rata-rata error faktor daya metode MCO memiliki nilai 3,30809% - 3,61364%, sedangkan penggunaan beban dari 1,47 N.m sampai 2,9 N.m memiliki rata-rata error 9,11193% - 9,07734%.</p> Elvira Zondra, Muhammad Fajar Baskoro, Masnur Putra Halilintar Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/18027 Thu, 16 May 2024 00:00:00 +0000 PELABUHAN HIJAU DALAM MENDUKUNG PEMERATAAN PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH (STUDI DESKRIPTIF DI PELABUHAN PENYEBERANGAN BAUBAU) https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/19681 <p><em>Ports are one of the transportation nodes that function as connecting facilities with other regions to carry out trade activities and have an impact on economic growth. This research photographs the Baubau Ferry Port in the Green Port concept which is currently being intensified by the Government. This type of research is qualitative and takes informants who understand the concept of a Green Port in relation to trade systems and encouraging economic growth. This research found that the Baubau Ferry Port is very strategic and has a strategic and vital role in encouraging equitable development and improving the regional economy, especially in Baubau City and its surroundings. The indicators for Greenport-based ports are environmental and social indicators as well as financial and economic indicators that are running optimally. The indicators of the Port Operational Performance Aspect must be improved by carrying out port operational performance calculations according to existing regulations. The conclusion of this research is that the Baubau Ferry Port can be encouraged to apply the principles of a Green Port so that it will support it in carrying out its good function in encouraging trade and encouraging equitable development and regional economic growth.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> Maudhy Satyadharma, Ranno Marlany Rachman, Anwar Dahlan Sabar, Yusuf Jaya Saputra, Hado Hado Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/19681 Thu, 16 May 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS KESTABILAN LERENG DENGAN METODE ROCK MASS RATING PADA TAMBANG BATUBARA (STUDI KASUS DI KECAMATAN DAMAI, KUTAI BARAT, KALIMANTAN TIMUR) https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/19789 <p>Pada proses penambangan terbuka selalu dilakukan pendalaman dan pencuraman lubang yang menyebabkan lereng tidak stabil dan dapat terjadi kelongsoran. Untuk mencapai target produksi, diperlukan perancangan lereng yang aman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Faktor Keamanan (FK) lereng dan melakukan upaya untuk meningkatkan FK lereng tersebut dengan menggunakan metode <em>Rock Mass Rating</em> (RMR). Penelitian dilakukan pada 2 lereng yang ada di Pit X di Kecamatan Damai, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa desain tambang 2023, serta data primer yang terdiri dari <em>strike</em> (arah lapisan batuan), <em>dip</em> (sudut perlapisan batuan), dan bidang kekar. Data dianalisis menggunakan software <em>Rocscience</em> <em>Slide V.6</em>. Hasil analisis menunjukkan bahwa lereng 1 memiliki FK sebesar 0,97, sehingga jika penambangan dilakukan akan terjadi longsor bidang. FK lereng 2 sebesar 1,96, sehingga aman dari bahaya kelongsoran. Untuk meningkatkan FK disarankan memotong lapisan tanah per-20 meter hingga membentuk <em>bench.</em></p> Iqbal Rizki Saputra , Anita Widianti Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/19789 Wed, 29 May 2024 07:18:34 +0000 Analisis Kerusakan Jalan dengan Metode Bina Marga dan Respon Pengguna Jalan terhadap Perbaikannya (Studi Kasus Ruas Jalan Jurong Bonai Darussalam) https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/10964 <p><em>Jurong road is a road which is located in Bonai Darussalam District, Rokan Hulu province. It is a road of 111 km (11 mi) long, and 6 m (20 ft) wide, it is a road leading to the pangararsand, where large cars often drive. Across the jurong road line, a vast range of road damage was found, at exactly 1, ooo to 1, ooo. The purpose in this study is to know the rate of road damage, and the effect of road damage on road use on jurong street, bonai darussalam district, upper rokan district, (sta 16+000 to sta 18+000) using clan building methods. Got results from jurong road damage survey with the kinds of cracked crocodile skin, buckskin, and holes. From the results of the damage analysis using clan building methods, results from the rate of damage or priority order (up) value are 9 which means that jurong street belongs to the regular maintenance category. And the results of the jurong road damage survey analysis using a likert scale method with a total of 50 respondents found at a percentage increase of 83,68 %, and based on the assessment interval of road conditions according to clan building values, it is between 80% % - 100 %, indicating that road damage is important to road users and that people are more than willing to make road improvements</em></p> alfian saleh*, Deni Muzki, Winayati Copyright (c) 2024 JURNAL TEKNIK https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/teknik/article/view/10964 Wed, 29 May 2024 00:00:00 +0000