https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/issue/feed PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2024-05-14T10:22:10+00:00 Sri Wahyuni [email protected] Open Journal Systems <p><span id="result_box" class="" lang="en"><span class=""><em><strong>PAUD Lectura</strong></em> is a journal published by <strong><a href="https://www.unilak.ac.id/" target="_blank" rel="noopener">Universitas Lancang Kuning</a>. </strong>This Journal as a scientific media for research study of lecturers, students and other researchers related to early childhood education.</span> <span class="">This journal is published periodically twice a year, in October and April.</span> <span class="">The editor receives posts that have not been published in other print media.</span> <span class="">The terms, format, and rules of article writing can be checked in the Instructions for Authors on the back cover in this guide <br></span></span></p> <p><span class="" lang="en"><span class="">This Journal is open access for all user.</span></span></p> <p>&nbsp;</p> <p><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1506313848&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener"><span class="" lang="en"><span class="">P-ISSN: 2598 - 2060</span></span></a></p> <p><a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1507536040&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener"><span class="" lang="en"><span class="">E-ISSN: 2598 - 2524</span></span></a></p> <p>&nbsp;</p> https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/18684 Implementasi Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini 2024-04-28T16:36:11+00:00 Lilis Lusiana [email protected] Bambang Harmanto [email protected] Muhammad ‘Azam Muttaqin [email protected] <p class="abstrak" style="margin: 0in 2.85pt .0001pt 0in;"><span style="font-size: 11.0pt; font-family: 'Palatino Linotype',serif;">Pengenalan bahasa Inggris sangat penting sekali dikenalkan pada anak usia dini. Minat dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi tidak menarik lagi bagi mereka, karena sumber media yang diguakan kurang menarik..Tujuan dari diadakannya penelitian di Tk Bugelan I, yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitianualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan bentuk penelitian lapangan (field research) yaitu melihat dan menggambarkan apa adanya kajian tentang implementasi media pop-up dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pada anak. Responden dalam penelitian ini yaitu orang-orang yang terlibat dalam sistem pendidikan di sekolah, yaitu peserta didik, pendidik, dan kepala sekolah.Tujuan media ini adalah selain meningkatkan aspek perkembangan bahasa anak, mampu mengenalkan dunia literasi pada anak sejak dini. Ketertarikan mereka dikarenakan buku pelajaran yang diberikan, berbentuk media pop-up book. dimana selain menampilkan visualisasi yang hampir menyeluruh juga membuat siswa dapat berinteraksi dengan buku secara mandiri. Dengan adanya penelitian ini diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal dan menyukai bahasa inggris.</span></p> 2024-04-28T16:31:00+00:00 Copyright (c) 2024 Lilis Lusiana, Bambang Harmanto, Muhammad ‘Azam Muttaqin https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/18362 Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini 2024-04-29T02:24:32+00:00 Ariska Yuliani [email protected] Dian Kristiana [email protected] <p>Loose parts menjadi salah satu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui permainan media loosepart dengan cara memanfaatkan penggunaan bahan alam yang ada pada lingkungan sekitarnya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada saat penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan langkah analisis deskriptif Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dari penelitian ini adalah 18 anak usia 5-6 tahun dan guru kelompok B. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media loose parts di TK Desa Bakalan dalam mengembangkan kreativitas&nbsp; pada anak usia dini sudah dilaksanakan dengan baik. Persiapan dan langkah penggunaan media loose parts yang dilakukan oleh guru sudah matang dan mengacu pada teori tahapan penggunaan loose parts yaitu tahap edukasi,tahap ekspansi dan tahap perkembangan, dengan cara menerapkan apersepsi, pengenalan strategi bermain, pembiasaan membereskan mainan, serta metode bermain yang dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini.</p> 2024-04-29T02:21:53+00:00 Copyright (c) 2024 Ariska Yuliani, Dian Kristiana, Muhammad ‘Azam Muttaqin https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/19868 Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini 2024-04-29T02:53:42+00:00 Sri Rika Amriani [email protected] Syarifah Halifah [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kolaboratif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kolaboratif dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 anak. Purposive sampling digunakan sebagai pengambilan sampel dalam penelitian ini. Sampel&nbsp; penelitian ini berjumlah 24 anak: 12 anak pada kelompok kontrol dan 12 anak pada kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,002 &lt;. 0,05&nbsp; berarti H0 dan H1 diterima. Artinya kecerdasan interpersonal anak pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan interpersonal anak pada kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kolaboratif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini.</p> 2024-04-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sri Rika Amriani, Syarifah Halifah https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/17057 Fostering Early Childhood Independence Through Positive Parenting Programs 2024-04-29T03:56:00+00:00 Ely Kusmiatiningsih [email protected] Sri Nurhayati [email protected] Ansori [email protected] <p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini mengkaji implementasi dan dampak dari Program Positive Parenting. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus ini dirancang khusus untuk mengeksplorasi dampak program pengasuhan positif terhadap peningkatan kompetensi orang tua dalam menumbuhkan kemandirian anak usia dini dalam konteks Bandung. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan manajer pelatihan, kepala sekolah, guru, dan orang tua yang terlibat dalam program ini. Temuan menunjukkan bahwa Program Positive Parenting di Playgroup Atinidi dirancang dengan cermat dengan tujuan yang jelas. Isi dan metode pengajaran disesuaikan untuk memenuhi tahap perkembangan anak dan kebutuhan orang tua. Topik mencakup tanda-tanda kemerdekaan, membina kemandirian, dan pentingnya. Program ini secara efektif meningkatkan kompetensi orang tua dalam membina kemandirian anak usia dini. Dampak program diukur melalui perubahan yang dapat diamati dalam perilaku anak-anak dan umpan balik dari orang tua dengan penekanan kuat pada kolaborasi dan keterlibatan masyarakat. Studi ini berkontribusi pada literatur dengan memberikan wawasan tentang kemampuan beradaptasi budaya Program Pengasuhan Positif dalam konteks Indonesia dan mengusulkan arah untuk penelitian dan praktik di masa depan.</p> 2024-04-29T03:56:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ely Kusmiatiningsih, Sri Nurhayati, Ansori https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/19464 Cross Cultural Counseling on Conflict Resolution in Early Children 2024-04-29T15:04:16+00:00 Sriyati Dwi Astuti [email protected] Nurul Qomariah [email protected] AgusSriyanto [email protected] <p>Conflict during a child's development can occur when the child has the awareness that he is part of a group. This conflict arises in interactions between children and requires counseling from adults to be able to teach them how to resolve the conflict. In a multicultural society, conflict resolution can be different. Early childhood children and educators at PAUD Institutions in the city of Pangkalpinang come from various ethnicities including Malay, Chinese, Javanese, Sundanese and Bugis. This research aims to find out the implementation of cross cultural counseling in conflict resolution for children in PAUD in Pangkalpinang City. This research is field research using qualitative descriptive research methods with a cross-cultural counseling theory approach. Data collection was carried out by interviewing 10 educators and observing for two months the learning process from five PAUD institutions in Pangkalpinang City. The results of this research show that educators at PAUD Pangkalpinang have provided integrated cross-cultural counseling with the learning process in TK/RA. In the guidance process, educators understand the values held by students who have different cultures. Educators provide guidance by advising and listening to children about the differences in cultural values that exist in Indonesia.</p> 2024-04-29T15:03:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sriyati Dwi Astuti, Nurul Qomariah, Agus Sriyanto https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/19695 Analisis Pembelajaran Seni Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting 2024-04-30T23:09:28+00:00 Bunga Chantika [email protected] Windi Dwi Andika [email protected] Lia Dwi Ayu Pagarwati [email protected] <p>When children learn, they often have difficulty using crayons, which hinders their ability to color. Therefore, we need a medium that allows children to express their artistic talents more widely. One solution is to use finger painting as a learning medium. Finger painting is a painting activity that uses the fingers as a tool. This research aims to describe AUD art learning through finger painting. The type of research used is descriptive with qualitative methods. This type of research examines an object and searches for facts with the correct interpretation. The research results show that learning art for AUD through finger painting can stimulate children's creativity in expressing their ideas in the form of works of art, besides that finger painting can be used as an effective and efficient alternative method for improving artistic abilities in early childhood.</p> 2024-04-30T23:09:28+00:00 Copyright (c) 2024 Bunga Chantika, Windi Dwi Andika, Lia Dwi Ayu Pagarwati https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/19764 Strategi pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Pendekatan Gerak dan Lagu 2024-05-14T08:46:52+00:00 Dian Ayu Ningsih [email protected] Sholeha [email protected] Gabe Deliana Sihombing [email protected] Siti Aisah Azarah [email protected] Siti Anggraini Pancenang [email protected] Yesi Novitasari [email protected] <p>Pemerolehan bahasa, khususnya bahasa Inggris, merupakan salah satu landasan utama perkembangan anak yang berlangsung sepanjang tahun-tahun awal kehidupan seorang anak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Adapun penelitian dilakukan di Taman Kanak-Kanak Luhuring Budi pada kelompok B rentang usia 5-6 Tahun berjumlah 19 anak. Adapun Teknik penelitian yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan gerak dan lagu bermanfaat bagi anak dalam pembelajaran Bahasa inggris. Hal ini meliputi motivasi anak (lebih tertarik dan terlibat), kemampuan motoriknya, kemampuannya mengingat kata-kata bahasa Inggris melalui lagu, kemampuannya berbicara dalam bahasa tersebut, dan kemampuan berkolaborasi satu sama lain (si kecil bernyanyi dengan antusias sambil bermain). Dengan demikian diharapkan guru dapat memberikan suasana belajar yang menarik untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak usia dini.</p> 2024-05-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Dian Ayu Ningsih, Sholeha, Gabe Deliana Sihombing, Siti Aisah Azarah, Siti Anggraini Pancenang, Yesi Novitasari https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/19998 Peningkatkan Kemampuan Seni AUD Melalui Teknik Kolase Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang 2024-05-14T10:17:14+00:00 Nanda Audry Firabeliya [email protected] Tarsya Rahma Dezyemita [email protected] Aulia Shafira Pasha [email protected] Sindy Agustina Arista [email protected] Refi Kania [email protected] Adinda Mutiara Jannah [email protected] Lia Dwi Ayu Pagarwati [email protected] Dara Zulaiha [email protected] <p><em>Art development is one aspect that needs to be paid attention to from an early age. Because art can be used as a forum for children to express their imagination and self-expression. The aim of this research is to obtain information on the use of collage techniques to improve children's artistic abilities at Kartika II-I Kindergarten. The research uses classroom action with the implementation stages adopting the Kemmis &amp; Tagart model including 1) planning, 2) implementation, 3) observation and 4) reflection. The implementation of this model was carried out in 2 cycles, with 2 meetings in each cycle. The research subjects were 16 children aged 4-5 years at Kartika II-I Kindergarten. Researchers in collecting data used interview and observation techniques. After the data is obtained, it will be analyzed using qualitative and quantitative data analysis techniques. The research results obtained a score in pre-action of 56.5 and after action in cycle 1 of 68.1 and cycle 2 of 78.3. Thus, the researchers concluded that using collage techniques can improve children's artistic abilities.</em></p> 2024-05-14T08:39:28+00:00 Copyright (c) 2024 Nanda Audry Firabeliya, Tarsya Rahma Dezyemita, Aulia Shafira Pasha, Sindy Agustina Arista, Refi Kania, Adinda Mutiara Jannah, Lia Dwi Ayu Pagarwati, Dara Zulaiha https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/17067 Pengembangan Game Kotak Alphabet Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun 2024-05-14T10:22:10+00:00 Liza Refliana Yanti [email protected] Rita Kurnia [email protected] Nurlita [email protected] <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu anak belum bisa mengenal dan membedakan huruf abjad, kurangnya media untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad, media yang digunakan cenderung kurang menarik, dan tingginya tingkat ketertarikan anak terhadap gadget. Penelitian ini merupakan penelitian <em>research and development</em> (R&amp;D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah <em>game</em> kotak <em>alphabet </em>berbasis aplikasi android layak digunakan untuk digunakan sebagai pembelajaran bagi anak usia dini 4-5 tahun terhadap kemampuan mengenal huruf. Pengembangan (<em>Research and Development</em>) merupakan jenis penelitian yang digunakan, dan tahapan yang dilakukan adalah: potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. <em>Game</em> kotak <em>alphabet</em> berbasis aplikasi android telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli pendidik, dan uji coba lapangan terbatas. Namun studi ini dapat diringkas sebagai 88,89% ’’sangat layak’’ 93,75% ‘’sangat layak’’, 91,67% ‘’sangat layak’’ untuk masing-masing divalidasi oleh pakar materi, media, dan pendidik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa game kotak alphabet berbasis aplikasi android dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini 4-5 tahun.</p> 2024-05-14T10:21:26+00:00 Copyright (c) 2024 Liza Refliana Yanti, Rita Kurnia, Nurlita