Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita

  • Salwa Habibatullah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Astuti Darmiyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dewi Siti Aisyah Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Early Childhood, Children Language, Story telling Method

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dalam hal potensi bahasa anak usia 5-6 tahun, serta mengetahui keterkaitan antara potensi bahasa anak 5-6 tahun melalui metode bercerita dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam potensi bahasa anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita. Jenis penelitian ini adalah bibliografi, Data yang dikumpulkan dalam studi ini adalah dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data diperoleh dari riset kepustakaan (library research) Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisa kualitatif dengan cara deduktif.  Maka hasil penelitian bahwa metode bercerita sangat berperan penting dalam potensi bahasa pada anak usia dini, Keterkaitan antara potensi bahasa anak usia dini melalui metode bercerita yaitu dengan metode bercerita anak usia dini dapat melatih daya tangkap anak, dengan adanya interaksi serta komunikasi dengan teman sebaya dan orang dewasa lainnya akan menambah kosa kata anak dalam kemampuan berbahasa pada anak. suasana belajar di kelas akan memepengaruhi anak dalam menangkap cerita,baik bisa menjadi factor pendukung bahkan terkadang tidak kondusif menjadi faktor penghambat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alviolita, W, et all. Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan. Vol. 7 (1), 2019.

Andriyani, A, et all. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Darusallam Kualu Nenas. Journal On Teacher Education (JOTE). Vol. 1 (2), 2020.

Anggraeni, D, et all. Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol. 3 (2) 404-415, 2019.

Darmila, L, et all. Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hajjah. Jurnal Raudhah. Vol. 6 (1), 2018.

Darmiyanti, A. Referensi Cepat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Malang: Selaras, 2020.

Depdiknas. Departemen Nasional. 2003.

Elya, H. Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol. 4 (1), 2019.

Fitriani, A. Hakikat Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish: Yogyakarta: Deepublish, 2013.

Fitriani, A, et all. Studi Kasus Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 (1), 2019.

Hamzah, A. Metode Penelitian Kepustakaan. Malang: Literasi Nusantara, 2019.

Jahja Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana, 2011.

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing, 2016.

Komala, D. Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Wayang Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 (2), 2016.

Kurniati, E. Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah. Vol.17 (3), 2017.

Masitah,W, et all . Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audiovisual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pendidikan. Vol. 8 (2) 120-146, 2016.

Moeslichatoen. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Nugraha, A. Penggunaan Metode Bercerita Dengan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dan Sikap Mandiri Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Bangli Tahun Ajaran 2012/2013. E-jurnal. Vol. 4, 2014.

Nuriani, W, et all. Efektivitas Metode Bercerita Dengan Alat Peraga Tiruan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Minat Belajar di Kelompok B TK Barunawati. E-jurnal. Vol. 4, 2014.

Nurjanah P, et all. Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia. Vol. 5 (1) 1-7, 2020.

Nurmiati.Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di TK. ECEIJ. Vol. 1 (1) 27-32, 2018.

Pangastuti R. Edutainment PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Pedoman Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2018

Pertiwi, D, et all. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Kartu Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan. Vol. 4 (3), 2016.

Robingatin, et all. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Sleman: Ar-ruzz media, 2019.

Rosari, P, et all. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Perilaku Moral. E-jurnal PGPAUD. Vol. 2 (1), 2014.

Sari, S. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok B RA Roudlotul Ulum Pasuruan. Jurnal Paud. Vol.6 (1), 2020.

Unidia Rachman, A. Bercakap-Cakap Sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Early Childhood Care & Education JECCE. Vol. 2 (1) 38-54, 2019.

Utariani, K, et all. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak TK Keompok A. E-journal. Vol. 2 (1), 2014.

Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Apa, Mengapa, Bagaimana. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. 2018

Werdiningsih, D. Konstruksi Kreatif Pemerolehan Kompetensi Pragmatik Anak Usia Prasekolah. Jurnal Diksi. Vol. 15 (1) 63-74, 2008.

Widyastuti, A (2018). Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Assaadah Limo Depok. Jurnal Care. Vol. 6 (1). 10-17.

Wiyani Ardy, N (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Wulandari, R, et all. Media Boneka Tangan Dapat Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita. Jurnal Ceria. Vol. 2 (2), 2019.

Zaini Bachren, dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PAUD SAHABAT. Jurnal Pinter. Vol. 1 (2) 94, 2017.

Zed, M. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Zubaedi. Strategi Taktis Pendidikan Karakter. Depok: Rajawali Pers, 2017.

Published
2021-04-01
How to Cite
Habibatullah, S., Darmiyanti , A., & Aisyah , D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
Abstract viewed = 4257 times
Pdf downloaded = 0 times