Pengaruh Pendekatan Metode Role Playing dalam Mengurangi Perilaku Agresif Anak Kelompok B di TK Budhi Luhur Rumbai Pekanbaru
Abstract
Bentuk perilaku agresif dibagi menjadi dua yaitu agresif verbal dan agresif non verbal. Agresif verbalĀ antara lain mengancam temannya, menyakiti perasaan temannya, dll. Agresif non verbal atau fisik berupa serangan yang melukai temannya seperti memukul, mencubit, mendorong, dll). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dari metode Role Playing dalam mengurangi perilaku agresif anak kelompok B di TK Budhi Luhur Rumbai Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2018/2019. Desain penelitian ini yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Jumlah populasi terdiri dari 16 anak. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan cara total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui Pretest, Posttest, dan lembar observasi. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan diperoleh presentase 29,75 dan sesudah perlakuan berubah menjadi 16,44. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum diberikan perlakuan dengan sesudah diberikan metode role playing dalam mengurangi perilaku agresif anak kelompok B di TK Budhi Luhur Rumbai Pekanbaru.
Downloads
References
[2]Akhmad Muhaimin Azzet, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak, Jogjakarta: Kata Hati, 2010
[3]Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktik,
Rineka Cipta, Jakarta, 2006.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Jakarta, PT Alfabeta, 2015.
[4]Safaria, Emotional Spiritual Quotient, Rahasia membangun kecerdasan emosi dan spiritual, Jakarta: PT Arga Tilanta, 2007.
[5]Hawari, Spiritual Intelligence, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.
[6]Abdul Aziz, Membimbing Spiritualitas Anak, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2005.
[7]MJA Nashir, Bermain dan Anak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2001.
[8]Sri Hariani, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
[9]Munandar, SQ for kids mengembangkan kecerdasan anak sejak dini, Bandung: Mizan Media Utama, 2001.
[10]Suyadi, Psikologi Belajar PAUD, Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi, 2010.
[11]Moeslichatoen, R, Metode pengajaran di Taman kanak-Kanak, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2004
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.