Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini

  • Sri Rika Amriani Universitas Negeri Makassar
  • Syarifah Halifah Institut Agama Islam Negeri Parepare
Keywords: Collaborative learning model, Interpersonal Intelligence, Early Childhood

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kolaboratif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini sebelum dan sesudah diberi perlakuan dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kolaboratif terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kolaboratif dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 anak. Purposive sampling digunakan sebagai pengambilan sampel dalam penelitian ini. Sampel  penelitian ini berjumlah 24 anak: 12 anak pada kelompok kontrol dan 12 anak pada kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,002 <. 0,05  berarti H0 dan H1 diterima. Artinya kecerdasan interpersonal anak pada kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan interpersonal anak pada kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kolaboratif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1997–2007. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Kencana.

Armadi, N. W., Pudjawan, K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Perilaku Sosial Pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15320

Bachtiar, M. Y. (2017). Pengaruh Peran terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak kelas A di TK Buah hati Kota Makassar.

Emzir. (2020). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Humaemin, M.Y & Yosen, F. (2022). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Penerbit Adab.

Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Guepedia.

Lensiana. (2017). Implentasi Pelatihan Strategi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini.

Oviyanti, F., & Ilmu. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib, III. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1384

Purwaaktari, E. (2015). Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Sikap Sosial Siswa Kelas V Sd Jarakan Sewon Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 95–111. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4932

Rafianti, N. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. https://doi.org/http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/54127

Rusmayadi. (2019). Pengaruh kecerdasan interpersonal, keterampilan sosial terhadap kemandirian anak usia dini. Early Childhood Education Journal Of Indonesia, 2(1), 23–30.

Sari, R., I., Niswah, C., Sofyan, F., A., & Sunardi. (2022). Hubungan Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 2 Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1105–1113.

Suratno. (2018). Asesmen teman sejawat (ATS) sebuah kajian teoritis berbasis model pembelajaran kolaboratif (PBK).

Yusuf, M. (2017). Metode penelitian : kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Prenamedia Group.

Published
2024-04-29
How to Cite
Sri Rika Amriani, & Halifah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 24-37. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.19868
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times