Strategi pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Pendekatan Gerak dan Lagu
Abstract
Pemerolehan bahasa, khususnya bahasa Inggris, merupakan salah satu landasan utama perkembangan anak yang berlangsung sepanjang tahun-tahun awal kehidupan seorang anak. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini. Adapun penelitian dilakukan di Taman Kanak-Kanak Luhuring Budi pada kelompok B rentang usia 5-6 Tahun berjumlah 19 anak. Adapun Teknik penelitian yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan gerak dan lagu bermanfaat bagi anak dalam pembelajaran Bahasa inggris. Hal ini meliputi motivasi anak (lebih tertarik dan terlibat), kemampuan motoriknya, kemampuannya mengingat kata-kata bahasa Inggris melalui lagu, kemampuannya berbicara dalam bahasa tersebut, dan kemampuan berkolaborasi satu sama lain (si kecil bernyanyi dengan antusias sambil bermain). Dengan demikian diharapkan guru dapat memberikan suasana belajar yang menarik untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak usia dini.
Downloads
References
Aida, S. , & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 56–63.
Albaladejo, S. , Coyle, Y. , & de Larios, J. R. (2018). Songs, stories, and vocabulary acquisition in preschool learners of English as a foreign language. System, 76(1), 116–128.
Al-harbi, S. S. (2019). Language Development and Acquisition in Early Childhood. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(1), 69–73.
Arwati, N. M., & Fadillah, S. (2019). Pengaruh Gerak dan Lagu (Music And Movement) terhadap Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kasih Ibu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 67–75.
Cilvia, T. N. A. I., & Astuti, W. (2023). Peran Lagu Anak Berbasis Tematik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak TK A. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 756–769.
Faizin, I. , & Muidin. (2021). Urgensi Kegiatan Bermain Terhadap Perkembangan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Al-Athfal, 2(2), 93–106.
Martasari, E., Saparahayuningsih, S., & Delrefi. (2018). Kepercayaan Diri Anak Dalam Pembelajaran Pengembangan Berbahasa Pada Kelompok B1 PAUD Assalam Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 11–17.
Novitasari, R., Nasirun, M., & Delrefi, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6–12.
Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7.
Purwanti, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 91–105.
Rishantie, S. A. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Melaui Metode Bermain Dengan Media Puzzle Kata Pada Kelompok B Paud Istiqomah Selupu Rejang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Saputra, A. (2019). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. AT-TA’DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 10(2), 192–209.
Siregar, A. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumitra, A., & Sumini, N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 115–120.
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.
Susfenti, N. E. M. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 8(1), 33–44.
Uzer, Y. (2019). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Gerak Dan Lagu Untuk Anak Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1–7.
Zahro, I. F. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.
Copyright (c) 2024 Dian Ayu Ningsih, Sholeha, Gabe Deliana Sihombing, Siti Aisah Azarah, Siti Anggraini Pancenang, Yesi Novitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.