Implementasi Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini
Abstract
Pengenalan bahasa Inggris sangat penting sekali dikenalkan pada anak usia dini. Minat dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi tidak menarik lagi bagi mereka, karena sumber media yang diguakan kurang menarik..Tujuan dari diadakannya penelitian di Tk Bugelan I, yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitianualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan bentuk penelitian lapangan (field research) yaitu melihat dan menggambarkan apa adanya kajian tentang implementasi media pop-up dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pada anak. Responden dalam penelitian ini yaitu orang-orang yang terlibat dalam sistem pendidikan di sekolah, yaitu peserta didik, pendidik, dan kepala sekolah.Tujuan media ini adalah selain meningkatkan aspek perkembangan bahasa anak, mampu mengenalkan dunia literasi pada anak sejak dini. Ketertarikan mereka dikarenakan buku pelajaran yang diberikan, berbentuk media pop-up book. dimana selain menampilkan visualisasi yang hampir menyeluruh juga membuat siswa dapat berinteraksi dengan buku secara mandiri. Dengan adanya penelitian ini diharapkan anak-anak dapat lebih mengenal dan menyukai bahasa inggris.
Downloads
References
Adisty, A. A., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2021). Pengembangan Media Scrabble Pola untuk Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 11-22.
Agustin, Uyu Wahyudin. 2011 Penilaian perkembanagan Anak Usia Dini.
Anwar, T.M., and H Ibrahim. (2013) “Model Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Sosial Budaya Pada Pembelajaran Anak Didik Kelompok Bermain.” Jurnal Pendidik Dan Kebud 19, no. 2: 251–251. Bandung PT Refika Aditama
Arwati, N. M., & Fadillah, S. (2019). Pengaruh gerak dan lagu (music and movement) terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kasih Ibu. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 67-75.
Dieterich, S.E, M.A. Assel, P. Swank, K.E. Smith, and S.H. Landry. (2006) “The Impact of Early Maternal Verbal Scaffolding and Child Language Abi- Lities on Later Decoding and Reading Comprehension Skills.” Journal of School Psychology 4, no. 3: Journal of School Psychology, 43, 481-494
Dzuanda. (2011) “Perancangan Buku Cerita Anak Pop-Up Tokoh-Tokoh Wayang Berseri, Seri ”Gatotkaca”. Jurnal Library ITS Undergraduate, http://library.its.undergraduate.ac.id.
Essa, Eva L. (2011) Introduction to Early Childhood Education. 6th Edition. 6th ed. Canada: Nelson Education, Ltd.
Fahitah, I., & Watini, S. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun melalui media kartu huruf. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 105-117.
Gusmayanti, E., & Fauziah, P. Y. (2020). Pola Asuh Suku Sasak Terhadap Kemampuan Bilingual Anak Usia 5–6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 62-73.
Juliati, Diana Andini. (2014) Peningkatan Motivasi Menulis Anak Usia 5- 6 Tahun Melalui Penggunaan Media Komik.” Jurnal Ilmiah Visi P2tk PAUDNI 9, no. 2: 125–31.
Kemp & Dayton (dalam Arsyad 2009, hlm,19-21) Media pembelajaran dapat digunakan untuk mendorong minat atau tindakan
Mardani, P. S. (2022). Penggunaan Media Animasi Bergambar dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 63-75.
Martinis, Yamin, and Jamilah Sabri Sanan. (2012) Panduan PAUD PendidikanAnak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Press group.
Muktiono, Joko D. (2003) Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Roza, M.M. (2012) “Pelaksanaan Pembelajaran Sains Anak Taman Kanak Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 29 Padang.” Jurnal Pesona PAUD
Tedjasaputra, M.S. (2007) Bermain, Mainan Dan Permainan Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo. . (2019) “Aktivitas Literasi Bermakna.” Surat Kabar Guru Belajar. II Tahun Ke 4 edition
Novitasari, Y., Wahyuni, S., & Romadayani, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Awal Melalui Metode Total Physical Response pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 19-27.
Novitasari, Y., Wahyuni, S., & Situmorang, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication and Technology) Terhadap Perkembangan Bahasa Inggris Awal Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 96-104.
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439-448.
Syaifullah, S., Andriani, R., & Abbas, M. F. F. (2020). PAUD Teachers' Speaking Skill in Teaching English in Tampan District. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 123-126.
Copyright (c) 2024 Lilis Lusiana, Bambang Harmanto, Muhammad ‘Azam Muttaqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.