Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini

  • Ariska Yuliani Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dian Kristiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords: Media Loose Parts, Bermain, Kreativitas, anak usia dini

Abstract

Loose parts menjadi salah satu media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui permainan media loosepart dengan cara memanfaatkan penggunaan bahan alam yang ada pada lingkungan sekitarnya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada saat penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan langkah analisis deskriptif Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dari penelitian ini adalah 18 anak usia 5-6 tahun dan guru kelompok B. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media loose parts di TK Desa Bakalan dalam mengembangkan kreativitas  pada anak usia dini sudah dilaksanakan dengan baik. Persiapan dan langkah penggunaan media loose parts yang dilakukan oleh guru sudah matang dan mengacu pada teori tahapan penggunaan loose parts yaitu tahap edukasi,tahap ekspansi dan tahap perkembangan, dengan cara menerapkan apersepsi, pengenalan strategi bermain, pembiasaan membereskan mainan, serta metode bermain yang dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Casey, Theresea & Juliet Robertson. (2016). Loose Parts Play. Inspiring Scotland.

Debeturu. B. & Wijayaningsih. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.3 Issue 1 (2019) Pages 233-240. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180

Fatmawijayati., J. 2018. Telaah Kreativitas. See discussions, stats, and author profiles for this publication at: https://www.researchgate.net/publication/328217424.

Fauziah, N. (2018). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. JIV, 8(1), 23–30. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.4

Heldanita. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini.

Istianti, T. (2018). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Belajar Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10393

Kristiana, Dian. (2022). Menciptakan Joyfull Learning Melalui Loose Part Play pada Anak Usia Dini. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index.

Kusumawardani. R. et.al. (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS-Vol.13, No.1, Juni 2018.

Lestariningrum., Anik. (2018). The Effects of Tradisional Game “Congklak “ and Self-Confidence Toward Logical Mathematical Intelligence Of 5-6 Years Children. Jurnal Indria Vol.III (1) March 2018, pp;13-22, ISSN 2524-004X 10.24269/jin.v3n1.2018.pp13-22

Lestariningrum. A, & Wijaya. I.P. (2020). Penerapan Bermain Loose Parts Untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pedagogika. Vol.11, No.2, pp; 104-115

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan.

Mulyana., Aina. (2017). Pembelajaran Abad 21 Dan Kurikulum 2013. https://ainamulyana.blogspot.com/2017/03/pembelajaranabad-21-dan-kuikulum-2013.html

Nasution, N., Darmayunata, Y., Wahyuni, S., Liza, L. O., & Situmorang, D. D. B. (2023). Positive impact of the COVID-19 pandemic: meaningful learning using augmented reality for children. Journal of Public Health, 45(2), e376-e377.

Rahmawati,Ida Y., dan Yulianti, Dwiana B. 2020. Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah COVID-19. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), Vol.5, No.1

Suharni, S., Wahyuni, S., & Astri, Y. (2021). Improving Environmental Care Attitudes of Early Childhood By Utilizing Recycled Materials. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2017-2024.

Wahyuni, S., Liza, L. O., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). ‘Treasure hunt’: Using loose parts media to develop social financial education model for early children. Heliyon, 9(6).

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman guru mengenai pendidikan sosial finansial pada anak usia dini menggunakan media loose parts. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962-970

Published
2024-04-29
How to Cite
Ariska Yuliani, & Dian Kristiana. (2024). Penerapan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 11-23. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.18362
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times