Studi Naratif Penerapan Nilai Kearifan Lokal Anak Usia Dini di Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai kearifan lokal pada anak usia Dini di Lembaga Pendidikan Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini naratif kualitatif. Sumber data primer dan sekunder melibatkan empat orang guru, empat orang siswa dan satu orang kepala sekolah yang dianggap mampu untuk memberikan pernyataan dan penguatan untuk keperluan penelitian ini. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan & verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai kearifan lokal di SDN 17 Pekanbaru sudah berjalan dengan baik. Adapun nilai-nilai kearifan lokal yang sudah diterapkan guru kepada siswa baik didalam kelas maupun diluar kelas yaitu (a) Cinta kepada tuhan yang maha esa; (b) Tanggungjawab; (c) Disiplin; (d) Mandiri; (e) Percaya Diri; (f) Kreatif; (g) Kerja Keras; (h) Pantang Menyerah; (i) Baik dan Rendah Hati; (j) Toleransi; (k) Cinta Damai; (l) Persatuan. (2) Kendala guru dalam menerapka nilai-nilai kearifan lokal dari 12 nilai kearifan lokal hanya 2 nilai yang mengalami kendala dalam penerapan. Adapun nilai-nilai tersebut ialah percaya diri dan kreatif. Dari keseluruhan siswa masih ada sebagian siswa yang masih memiliki rasa kurang percaya diri dan tidak kreatif. Tanpa dipungkiri guru tetap menerapkan nilai-nilai kearifan lokal semaksimal mungkin kepada siswa.
Downloads
References
Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2017). Character and Local Wisdom-Based Instructional Model of Bahasa Indonesia in Vocational High Schools. Journal of Education and Practice, 8(5), 23–29.
Daniah, D. (2019). Nilai Kearifan Lokal Didong Dalam Upaya Pembinaan Karakter Peserta Didik. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Dewi, N. K. R., & Agung, A. A. G. (2021). The feasibility of social science learning e-book contains balinese local wisdom for elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(1), 39–47.
Efendi, E. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Sejarah Materi Sejarah Kerajaan Maritim Islam di SMA Negeri 3 Demak. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Elan, E., & Solihati, E. (2022). Potential transformation of baduy local wisdom values in civics education learning in elementary school. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 12(1), 88.
Huda, M. M., Supriatna, M., & Abidin, Z. (2023). Character in The Local Wisdom of Rewang of The Jotosanur Village Community as A Strategy to Strengthen The Profile of Pancasila Students in Elementary Schools. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(1), 117–125.
Indrawan, I. P. O., Sudirgayasa, I. G., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Integrasi kearifan lokal Bali di dunia pendidikan. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar 2020.
Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai kearifan lokal dalam upaya pelestarian kebudayaan di Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127–135.
Kumala, F. N., & Setiawan, D. A. (2019). Local wisdom-based e-encyclopedia as a science learning medium in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1402(6), 66061.
Murti, D. K. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology, 6(2), 337–343.
Nadlir, N. (2016). Urgensi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299–330.
Rummar, M. (2022). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580–1588.
Sabu, O. (2016). Integrasi nilai-nilai arifan lokal masyarakat kefamenanu dan nasionalisme dalam pembelajaran sejarah (Studi Pada SMAN Noemuti). UNS (Sebelas Maret University).
Salik, Y. (2020). Model Pendidikan Budaya Bugis dalam Penerapan Nilai-nilai Pluralisme di IAIN Palopo. Jurnal Penelitian, 14(2), 217.
Sugiyo, R., & Purwastuti, L. A. (2017). Local wisdom-based character education model in elementary school in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching, 14(5), 299–308.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Syarif, I., & Ratuloly, M. A. (2020). Penanaman Nilai Kearifan Lokal pada Peserta Didik Melalui Pendidikan Multikultular. Heritage, 1(2), 185–197.
Wahyuni, S., Liza, L. O., Syahdan, Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). ‘Treasure hunt’: Using loose parts media to develop social financial education model for early children. Heliyon, 9(6), e17188. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e17188
Waskurba. (2020). Analisis Konsep Kearifan Lokal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Mataram.
Widodo, A., Maulyda, M. A., Fauzi, A., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Umar, U. (2020). Tolerance education among religious community based on the local wisdom values in primary schools. 1st Annual Conference on Education and Social Sciences (ACCESS 2019), 327–330.
Copyright (c) 2023 Denisa Novri Yulanda, Zaka Hadikusuma Ramada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.