Inovasi Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan inovasi pada DPMPTSP Provinsi Riau dalam memperoleh penghargaan pelayanan publik terbaik se-nasional dan mengetahui faktor pendukung inovasi pada DPMPTSP Provinsi Riau.Pemilihan lokasi penelitian ini berdasarkan fenomena atau masalah yang positif bahwa DPMPTSP Provinsi Riau memperoleh penghargaan pelayanan publik terbaik se-nasioanal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi pada Tahun 2018.Teknik pengumpulan data yang di gunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun informan penelitian ini: Kepala DPMPTSP Provinsi Riau, Kepala Bidang DPMPTSP Provinsi Riau, Pegawai DPMPTSP Provinsi Riau, dan Masyarakat.Langkah-langkah analisis data pada penelitian kualitatif menurut Miles and Huberman dalam (Sugiyono 2012:337) adalah reduksi data, penyajiandata dan verifikasi data.Muttaqin dalam (Deddy Mulyadi:2018) bahwa birokrasi yanng dapat melakukan inovasi dalam pelayanan publik, apabila beberapa faktor tersebut berinteraksi satu dengan yang lain dan terintegrasi dalam meciptakan birokrasi pemerintahan yang inovatif. Faktor-faktor tersebut berada pada tataran individu aparatur birokrasi pemerintahan, kelembagaan, sistem, dan masyarakat.
Downloads
References
Dwiyanto, Agus. 2011. Mengembalikan kepercayaan public melalui reformasi birokrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Emzir.2012. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers.
Marten Prasetyo Junior. 2016. Jurnal Inovasi Pelayanan Publlik. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegor Semarang
Mirnasari, Rina Mei. 2013. Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya Bungurasih. Universitas Airlangga. Volume 1.
Mulyadi, Deddy. 2018. Administrasi publik untuk pelayanan publik. Jakarta: Alfabeta Bandung
Muluk, Khairul.2008. knowledge Manajemen: Kunci sukses inovasi pemerintah daerah. Malang: Bayu Media
Singarimbun, Masri. Sofian Effendi. 2006. Metode penelitian survai. Jakarta Barat: Pustaka LP3ES
Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik : Teori Kebijakan Dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik.e-book, Jakarta: STIA-LAN Press
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Permen RB RI Nomor 30 Tahun 2014 tentang pedoman inovasi pelayan publik