Analisis Kemampuan Menulis Esai Argumentatif Mahasiswa Semester 5 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNILAK Tahun Akademik 2017/2018
Abstract
Penelitian ini didasari dengan adanya kebutuhan untuk mengukur dan menganalisis sejauhmana
kemampuan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif. Hasil pengukuran tersebut bertujuan
untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menulis esai argumentatif yang digunakan
sebagai bahan evaluasi mata kuliah Academic Writing. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Yang menjadi
partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 5 prodi Pendidikan Bahasa Inggris
FKIP-UNILAK Tahun Akademik 2017/2018 yang berjumlah sebanyak 52 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan wawancara. Berdasarkan
hasil tes, diperoleh nilai rata-rata mahasiswa adalah 78.1 dan dikategorikan ke dalam
kemampuan yang baik (good). Selanjutnya, dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa
mahasiswa mampu menulis esai dengan baik karena mahasiswa tersebut cukup mampu dan
memahami cara menulis esai tersebut. Sehingga, hal ini dapat memudahkan mahasiswa dalam
menulis esai argumentatif. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan mahasiswa semester 5 prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UNILAK Tahun
Akademik 2017/2018 dalam menulis esai argumentatif dikategorikan ke dalam kemampuan yang
baik.