Implementasi Kepala Sekolah, Guru dan Staff Terhadap Sekolah dan Masyarakat di TK IT Al Mahira
Abstract
Penelitian dan observasi ini harus dilakukan mengingat pentingnya implementasi kepala sekolah, guru dan staff dalam meningkatkan mutu pembelajaran dalam suatu sekolah agar kepala sekolah lebih memperhatika dalam peningkatan mutu pembelajaran sehingga sekolah tersebut dapat mencetak generasi bangsa yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi bagaimana implementasi kepala sekolah, guru dan staff terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara langsung dengan kepala sekolah di TK IT AL MAHIRA. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan staff di TK IT AL MAHIRA Pekanbaru Riau. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, hasil kerjasama pihak sekolah dengan orangtua siswa dan masyarakat, dan memberitahu proses bagaimana pembentukan dan pengembangan program unggulan pada sekolah. Program apa saja yang di lakukan untuk memajukan kualitas sekolah, kualitas guru dan staff, kualitas kurikulum, serta kualitas siswa dipandangan orang luar. Dan hasil analisis hasil observasi menunjukkan bahwa peran kepala sekolah, guru dan staff TK IT AL MAHIRA terhadap orangtua siswa dan masyarakat saling terhubung dengan sangat baik, terjalannya peran sekolah bagi masyrakat sekitar dan kesenangan hati orangtua menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut. Manajemen kepala sekolah TK IT AL Mahira dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu lebih mengutamakan mutu input pembelajaran dengan cara penyediaan fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, peningkatan kemampuan guru, dan peningkatan kemampuan siswa melalui kegiatan budaya membaca.