Tantangan dan Potensi Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menggunakan Media ICT (Information and Communication Technology)

  • Razmi Fadhilah Universitas Lancang Kuning
  • Reswita Universitas Lancang Kuning
Keywords: mahasiswa, ICT, tantangan dan potensi

Abstract

Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan PGPAUD dihadapkan pada tantangan dan potensi dalam penggunaan Media ICT (Information and Communication Technology). Tantangan utamanya adalah kurangnya pemahaman mendalam tentang integrasi teknologi dalam pembelajaran, keterbatasan akses terhadap perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, serta keterampilan teknis yang belum matang dalam pemanfaatan media ICT. Namun, di tengah tantangan tersebut, terdapat potensi besar yang dapat dimanfaatkan. Mahasiswa  PGPAUD memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam memanfaatkan teknologi, mengintegrasikan media ICT ke dalam kurikulum PAUD, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menari. Dengan pelatihan yang tepat, mereka dapat memanfaatkan beragam media ICT seperti aplikasi pembelajaran, video interaktif, dan permainan edukatif untuk memfasilitasi pembelajaran yang berbasis pada pengalaman dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan potensi ICT pada mahasiswa PGPAUD. Melalui pemahaman yang mendalam tentang tantangan yang dihadapi serta pemanfaatan potensi teknologi, diharapkan mereka dapat menjadi tempat perubahan dalam pendidikan anak usia dini yang lebih baik terhadap perkembangan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
How to Cite
Razmi Fadhilah, & Reswita. (2024). Tantangan dan Potensi Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menggunakan Media ICT (Information and Communication Technology). Jurnal Lingkar Pendidikan , 3(2), 46-51. Retrieved from https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/jlp/article/view/20471
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times