Analisis Efektivitas Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Pokok Guru: Studi Kasus SMPN 11 Pekanbaru
Abstract
Supervisi kepala sekolah ingin mempunyai efek yang substansial pada pelaksanaan metode pembelajaran sang para guru pada sekolah. Implementasinya pula mencerminkan efisiensi program pembelajaran pada mendukung tugas utama instruktur. namun, penelitian awal pada lapangan menyampaikan bahwa secara awam, subjek penelitian tidak menjalankan tugas pokoknya secara optimal, mirip kurangnya perumusan pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran yang kurang maksimal, penilaian yang tidak disusun, serta hasil evaluasi yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan aktivitas supervisi kepala sekolah pada tindak lanjut tugas utama pengajar dengan serangkaian tindakan dalam 2 siklus. Penelitian ini menggunakan sampel 21 guru asal SMPN 11 Pekanbaru. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan supervisi kepala sekolah bisa menaikkan aplikasi tugas primer.