Menumbuhkan Semangat Sportivitas dan Kreativitas melalui Festival Lomba Anak

  • Widya Rizky Pratiwi Universitas Terbuka
  • Herdie Idriawien Gusti Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Lukytta Gusti Acfira Politeknik Negeri Media Kreatif
Keywords: Festival, KKN, Kreativitas, Lomba Anak, Sportivitas.

Abstract

KKN membuka peluang untuk membangun kemitraan dan sinergi antara perguruan tinggi dan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Salah satu bentuk kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PkM) KKN yang dilakukan adalah festival lomba anak-anak Edukatif, keagamaan, dan entertainment berupa lomba ceramah, adzan, lari kelereng, dan joget balon. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas dan potensi anak, meningkatkan rasa percaya diri, menumbuhkan semangat sportivitas, melestarikan budaya, dan meningkatkan kedekatan antar anak dan masyarakat. Pelaksana kegiatan PkM ini adalah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB) Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memenuhi program kerja oleh kelompok 11 KKN Angkatan II UMB. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2024. Metode pelaksanaan festival ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu pembekalan, pelatihan, dan Pratik. Sebanyak 27 siswa dari kelas 4 – 6 SD Negeri 32 Bungloe memeriahkan Festival Lomba Anak yang diselenggarakan di Kantor Desa Bonto Tallasa, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Di antara 27 siswa tersebut, 5 siswa mengikuti lomba ceramah, 6 siswa mengikuti lomba adzan, 8 siswa mengikuti lomba lari kelereng, dan 8 siswa mengikuti lomba joget balon. Kegiatan festival lomba anak-anak ini dilaksankan secara lancar, penuh keantusiasan dan keseruan dari anak-anak. Kegiatan festival lomba anak-anak ini memperoleh hasil yang memuaskan terbukti dari keantusiasan dan keseruan dari anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kalandara, H. A. (2023). Komunikasi Antarpribadi untuk Pemeliharaan Long Distance Relationship pada Mahasiswa yang Melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 1 1 1 (Doct oral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro).
Kamilah, K., Barus, S. K., Matondang, M. H., & Sipa, T. M. (2023). Analisis Peranan Kelompok Kkn 154 UINSU Dalam Membantu Peningkatan UMKM Dengan Pendekatan Akuntansi Syariah, Kesehatan Serta Kesejahteraan Di Desa Sampe Raya Kecamatan Bahorok, Langkat. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 510-519.
Rachman, M., Shakhira, Y., Mardiah, A., Pratami, A., Hardianti, F., Syafitri, R. B., ... & Habiandra, R. D. (2023). Peran Mahasiswa Umri dalam Meningkatkan Program Pengelolaan Digitalisasi untuk Usaha Mitra UMKM di Dusun IV Desa Candi Rejo. Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 95
Rahman, H. (2012). Pengembangan Karakter Anak Melalui Fungsi Edukatif Agama Islam. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 6(2), 251-272.
Regar, R., Lubis, H. A., Sahertiah, H., Siregar, D., Siregar, R., Nasution, I., ... & Lubis, S. (2024). Analisis Perkembangan Fisik Motorik Anak Melalui Kegiatan Bermain: Studi Kasus Memperingati Hut Ri Ke-78 Di Desa Tamosu. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 226-232.
Syarifuddin, S., Nurhafidzah, M., Halidah, N., Winda, W., & Rahmita, R. (2022). Festival Anak Shaleh STIQ (FASTIQ) Desa Awayan Hilir Kabupaten Balangan. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 52-61. 4-961.
Santoso, E. D., Sholihah, R. A., & Mu’ti, Y. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1029-1039.
Published
2024-04-28
How to Cite
Pratiwi, W. R., Gusti, H. I., & Acfira, L. G. (2024). Menumbuhkan Semangat Sportivitas dan Kreativitas melalui Festival Lomba Anak. BIDIK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 83-87. https://doi.org/10.31849/bidik.v4i2.19497
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times