Pelatihan Penulisan dan Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi untuk Guru Sekolah Dasar Kec. Karang Jaya Kab. Muratara

  • Andri Valen Universitas PGRI Silampari
Keywords: Pelatihan, Menulis Artikel, Publikasi Jurnal, Guru SD

Abstract

The low skills of elementary school teachers in scientific writing based on the results of research based on classroom teaching are the primary basis for carrying out community service activities. Furthermore, the urgency regarding the importance of publishing scientific writing in accredited national journals is necessary so that teachers are not trapped in publications in predatory journals. Therefore, training through community service aims to improve teachers' abilities in writing research results and publishing them in accredited national journals. The methods used in this service activity are seminars, training, and mentoring. The activity results show that teachers can learn about the systematics of writing scientific journals. In this activity, the teacher enthusiastically followed the material presented by asking several questions about quoting and paraphrasing references. Hopefully, this community service activity will serve as a reference for teachers to improve their writing and publish their works.

Abstrak

Rendahnya keterampilan guru sekolah dasar dalam menulis ilmiah dari hasil riset berbasis pengajaran kelas merupakan landasan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan. Lebih lanjut, urgensi tentang pentingnya mempublikasikan tulisan ilmiah di jurnal nasional terakreditasi adalah sebuah keniscayaan agar guru tidak terjebak pada publikasi di jurnal predator. Oleh karena itu, tujuan pelatihan melalui pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dari hasil riset dan mempublikasikanya pada jurnal nasional terakreditasi. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini yaitu seminar, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru dapat memperoleh pengetahuan tentang sistematika penulisan jurnal ilmiah. Pada kegiatan ini, guru antusias mengikuti materi yang disampaikan dengan menyampaikan sejumlah pertanyaan berkaitan dengan cara mengutip dan memparafrase referensi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan publikasi artikel ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanum F. (2011). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Universitas Negeri Yogyakarta.

Herlinawati, H., Marwa, M. & Syahdan, S. (2022). Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Guru Madrasah Aliyah Darul Muqomah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Mandiri 1 (12).

Hidayah, R. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru kimia SMA di MGMP kimia SMA kabupaten Kediri. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 107-110.

Hunaepi, H., Prayogi, dkk. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru di MTs Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 38–40.

Kartini, D., Kristiawan, dkk. (2020). The influence of principal’s leadership, academic supervision, and professional competence toward teachers’ performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 156–164.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).

Rosa, A. T. R. (2020). Teacher Development Potential (Creativity and Innovation) Education Management in Engineering Training, Coaching and Writing Works through Scientific Knowledge Intensive Knowledge Based on Web Research in the Industrial Revolution and Society. International Journal of Higher Education, 9(4), 161–168.

Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SMA kecamatan jalaksana kabupaten kuningan. AlKhidmat, 3(1), 15-24.

Syahdan, S., Marwa, M., Herlinawati, H. 2022. English Teachers’ Readiness in ICT Applications for 21st Century Learning. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2). DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.835.

Tati Riang, D. A. dkk. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Submission pada Jurnal Ilmiah Nasional bagi Guru SD di Kab. Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan Vol. 10 No.3 Hal. 245-250.

Published
2024-04-30
How to Cite
Valen, A. (2024). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi untuk Guru Sekolah Dasar Kec. Karang Jaya Kab. Muratara. ABDIMAS Lectura: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-10. Retrieved from https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/abdimaslectura/article/view/17597
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times