Siklus : Jurnal Teknik Sipil https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS <p>Siklus: Jurnal Teknik Sipil (p-ISSN : 24431729 /e-ISSN: 25493973) is a forum for the dissemination of information needed in the field of Civil Engineering. The journal publishes by Program Studi Teknik Sipil&nbsp; Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. Published twice a year in April and October</p> <p><strong>Siklus : Jurnal Teknik Sipil &nbsp;has been accredited by National Journal Accreditation (ARJUNA) Managed by Ministry of Research, Technology, and Higher Education, Republic Indonesia since year 2020 to 2025 according to the decree <a href="https://drive.google.com/file/d/179kLVMCaYt-oArbvCmTK7UVs0RGiKX00/view?usp=sharing">No. 105/E/KPT/2022</a>.</strong></p> en-US [email protected] (Admin Siklus) [email protected] (SIKLUS) Tue, 30 Apr 2024 11:58:09 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pemanfaatan Sludge Smelter Nikel Sebagai Material Dasar Pembuatan Paving Block https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/16307 <p class="BodyAbstract"><em>Smelting</em>&nbsp;atau peleburan adalah proses mengekstraksi bijih logam murni dari dalam tanah. Dengan kata lain, ini adalah proses pemisahan logam murni dari bijih yang mengandungnya. Untuk mengekstraksi logam, bijih dipanaskan hingga suhu tinggi (di atas titik lelehnya). Untuk proses ini digunakan <em>smelter </em>yang dalam prosesnya akan menghasilkan limbah cair dan limbah padat (<em>sludge</em>). <em>Sludge </em>tersebut biasanya digunakan sebagai penutup lubang bekas tambang. <em>Sludge </em>digunakan sebagai material dasar pembentuk <em>paving block</em> untuk mengurangi limbah dan peningkatan nilai ekonomis. Pada penelitian ini <em>sludge </em>atau lumpur digunakan sebagai pengganti pasir pada produksi <em>paving block</em>. Kadar <em>sludge </em>yang digunakan adalah 10%, 25% dan 50% menggantikan volume pasir, <em>paving block</em> tanpa <em>sludge </em>sebagai benda uji kontrol. Untuk mengetahui mutu <em>paving block</em> yang dihasilkan dilakukan pengujian kuat tekan dan penyerapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>paving block</em> dengan kadar 10% menghasilkan <em>paving block</em> mutu B, pada kadar 25% dan 50% menghasilkan <em>paving block</em> mutu C.</p> Yusup Hi Sergi, Mufti Amir Sultan, Muhammad Amin Copyright (c) 2024 Siklus : Jurnal Teknik Sipil https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/16307 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Analisis Keberlanjutan Kinerja Energi dan Air pada Perumahan Bersubsidi dengan Pendekatan Bangunan Hijau di Kota Pekanbaru https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/18839 <p>Perumahan bersubsidi merupakan program pemerintah untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Namun demikian, perumahan ini kerap menghadapi tantangan dalam hal efisiensi dan keberlanjutan penggunaan sumber daya seperti energi dan air. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kinerja keberlanjutan energi dan air pada perumahan bersubsidi di Kota Pekanbaru, dengan mengaplikasikan pendekatan bangunan hijau melalui Metode EDGE yang dikembangkan oleh IFC. Pada kegiatan ini dilakukan audit energi dan air pada tiga sampel perumahan bersubsidi dengan cara mengevaluasi kinerja aktual yang kemudian membandingkannya dengan standar EDGE untuk menilai langkah-langkah penghematan yang telah dilakukan dan potensi peningkatan efisiensi mungkin dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan desain pada bangunan, khususnya untuk energi dan air telah memenuhi standar minimal yang ditetapkan oleh EDGE. Dimana hal ini mengisyaratkan bahwa langkah-langkah penghematan energi dan air telah sesuai dengan standar bangunan hijau yang ditetapkan. Adapun hasil kinerja penghematan rata-rata untuk perumahan bersubsidi di Pekanbaru yakni sebesar 28,08% untuk kinerja energi dan 32,24% untuk kinerja air.</p> Deddy Purnomo Retno, Elizar Elizar, Deprizon Syamsunur, Tasya Rahmadani Putri Copyright (c) 2024 Siklus : Jurnal Teknik Sipil https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/18839 Tue, 30 Apr 2024 11:45:31 +0000 Pengaruh Penambahan Limbah Beton K-175 sampai K-225 pada Tanah Pasir Terhadap CBR https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/12125 <p>Limbah beton dihasilkan dari proses pembongkaran suatu konstruksi. Sejauh ini, limbah beton hanya dibuang begitu saja atau ditimbun yang dalam jangka panjang akan berdampak buruk pada lingkungan. Maka dari itu, diperlukan usaha daur ulang limbah beton salah satunya dijadikan bahan tambah pada tanah dengan tujuan untuk meningkatkan daya dukung tanah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi daya dukung tanah dari nilai CBR setelah distabilisasi menggunakan limbah beton. Metode yang dilakukan yaitu kuantitatif eksperimental laboratorium. Variasi campuran limbah beton yang digunakan 10%, 15%, dan 25%. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini untuk CBR tanah asli; tanah dengan 10% limbah beton; tanah dengan 15% limbah beton; dan tanah dengan 25% limbah beton berturut-turut 5,781%; 14,314%; 15,027% dan 31,169%. Berdasarkan hasil penelitian, semakin banyak penambahan limbah beton pada tanah maka semakin meningkatkan CBR. Hal tersebut dikarenakan limbah beton mengisi rongga tanah dan meningkatkan daya lekat tanah.</p> Athaya Zhafirah, Auliya Nurul Hidayah, Dendi Yogaswara Copyright (c) 2024 Siklus : Jurnal Teknik Sipil https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/12125 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000 Manajemen Kecepatan Lalu Lintas Pada Jalan Tak Terbagi https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/19547 <p>Lokasi kota Solok, Sumatera Barat sangat strategis, karena terletak pada persimpangan perlintasan antar propinsi dan antar jalan kabupaten/kota. Karenanya terjadi pertumbuhan pergerakan yang selalu meningkat. Jalan Ahmad Yani dan Bypass Kampai tabu Kerambia (Ktk) yang merupakan lokasi penelitian berdasarkan kondisi lingkungannya memerlukan manajemen pembatasan kecepatan kendaraan. Metodologi pengumpulan data volume dan kecepatan setempat kendaraan dengan perekaman video. Pengolahan data secara deskriptif statistik. Analisa distribusi kecepatan kendaraan untuk Jalan Ahmad Yani dan Jalan Bypass Ktk menunjukkan sepeda motor dan kendaraan ringan melaju dengan kecepatan 50-60 km/jam dimana hal ini melebihi batas kecepatan yang ditetapkan sebesar 50 km/jam. Dari analisa <em>mean</em> dan standar deviasi kecepatan kendaraan berkisar 43-60 km/jam untuk sepeda motor dan kendaraan ringan sedangkan kecepatan kendaraan berat 9-33 km/jam. Jalan Ahmad Yani dan Bypass Ktk memerlukan manajemen kecepatan lalu lintas berupa pembatasan kecepatan kendaraan yaitu rambu larangan batas kecepatan 50 km/jam. Diperlukan juga pemasangan kamera pemantau kecepatan untuk pemberian sanksi/denda.</p> Titi Kurniati, Elsa Eka Putri, Wahyu Agus Setiawan Copyright (c) 2024 Siklus : Jurnal Teknik Sipil https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SIKLUS/article/view/19547 Tue, 30 Apr 2024 00:00:00 +0000