Manajemen Kecepatan Lalu Lintas Pada Jalan Tak Terbagi

  • Titi Kurniati Universitas Andalas
  • Elsa Eka Putri Universitas Andalas
  • Wahyu Agus Setiawan Universitas Andalas
Keywords: batas kecepatan, kecepatan rerata, manajemen kecepatan lalu lintas

Abstract

Lokasi kota Solok, Sumatera Barat sangat strategis, karena terletak pada persimpangan perlintasan antar propinsi dan antar jalan kabupaten/kota. Karenanya terjadi pertumbuhan pergerakan yang selalu meningkat. Jalan Ahmad Yani dan Bypass Kampai tabu Kerambia (Ktk) yang merupakan lokasi penelitian berdasarkan kondisi lingkungannya memerlukan manajemen pembatasan kecepatan kendaraan. Metodologi pengumpulan data volume dan kecepatan setempat kendaraan dengan perekaman video. Pengolahan data secara deskriptif statistik. Analisa distribusi kecepatan kendaraan untuk Jalan Ahmad Yani dan Jalan Bypass Ktk menunjukkan sepeda motor dan kendaraan ringan melaju dengan kecepatan 50-60 km/jam dimana hal ini melebihi batas kecepatan yang ditetapkan sebesar 50 km/jam. Dari analisa mean dan standar deviasi kecepatan kendaraan berkisar 43-60 km/jam untuk sepeda motor dan kendaraan ringan sedangkan kecepatan kendaraan berat 9-33 km/jam. Jalan Ahmad Yani dan Bypass Ktk memerlukan manajemen kecepatan lalu lintas berupa pembatasan kecepatan kendaraan yaitu rambu larangan batas kecepatan 50 km/jam. Diperlukan juga pemasangan kamera pemantau kecepatan untuk pemberian sanksi/denda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdal, M., & Disastra, R. P. (2022). Analisis Pola Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Algoritma K-Means dan FP-Growth Studi Kasus: Polres Solok. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 8(1), 31–40. http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v8i1.15656

Aprianto, C., & Gunarto, M. P. (2019). Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Kecepatan Lalu Lintas Kendaraan Bermotor Roda Dua Melalui Tilang Di Wilayah Hukum Polisi Resor Kota Pekanbaru. Universitas Gadjah Mada. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/170228.

Badan Pusat Statistik Kota Solok. (2023). Kota Solok Dalam Angka 2023. Badan Pusat Statistik Kota Solok.

Barus, G. (2021). Pakar UGM Sebut Empat Faktor Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol. Universitas Gadjah Mada.

Direktorat Jenderal Bina Marga, SweRoad, & PT. Bina Karya. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jenderal Bina Marga.

Hermanto, O. S., Mulyono, A. T., & Suparma, L. B. (2021). Peningkatan Keselamatan Jalan Pada Black Spot Jalan Provinsi di Kabupaten Sleman. Jurnal Transportasi, 21(2), 109–122. https://doi.org/10.26593/jtrans.v21i2

Hutasoit, F. F., & Purnawan. (2018). Studi Penurunan Kecepatan Kendaraan di Ruas-ruas Jalan Kota Padang. 5th ACE Conference, 419–425. https://conference.ft.unand.ac.id/index.php/ace/ace2018/paper/download/718/278

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2015). PM 111 tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan. Kementrian Perhubungan RI.

Kurniati, T., Gunawan, H., & Suryadinata, S. (2022). Efektivitas Pemasangan Pita Penggaduh Melintang Pada Persimpangan jalan Terbagi Terhadap Kecepatan Kendaraan Di Kota Padang. CIVED, 9(3), 365–373. https://doi.org/10.24036/cived.v9i3118297

Meydita, N., & Kusumawati, A. (2012). Pengaruh Pita Penggaduh Melintang Terhadap Kecepatan Kendaraan Ringan Dan Angka Kecelakaan Di Jalan Tol Cipularang. Jurnal Transportasi, 12(3), 165–174. https://doi.org/10.26593/jtrans.v12i3

Murti, R. T., & Muthohar, I. (2012). Evaluasi Kinerja Rambu Pembatasan Kecepatan Sebagai Upaya Mendukung Aksi Keselamatan Jalan. In Jurnal Transportasi, 12(3), 227-236. https://doi.org/10.26593/jtrans.v12i3

Pramesti, Y. T., & Budiharjo, A. (2020). Efektivitas Rambu Batas Kecepatan di jalan Kolektor. Jurnal Teknik, 18(2), 73–81. https://doi.org/10.31849/siklus.v3i2.382

Soehardi, F., Putri, L. D., & Saleh, A. (2017). Tinjauan Kecepatan Kendaraan Pada Wilayah Zoss Di Jalan Lintas Timur Provinsi Riau. Siklus: Jurnal Teknik Sipil, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.31849/siklus.v3i2.382

Published
2024-04-30
How to Cite
Titi Kurniati, Putri, E. E., & Wahyu Agus Setiawan. (2024). Manajemen Kecepatan Lalu Lintas Pada Jalan Tak Terbagi. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 10(1), 32-42. https://doi.org/10.31849/siklus.v10i1.19547
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times