Urgensi Bahasa Isyarat di Lingkungan Kampus Universitas Lancang Kuning

  • Yesi Novitasari Universitas Lancang Kuning
Keywords: Urgensi Bahasa Isyarat

Abstract

Anak Berkebutuhan khusus adalah pribadi yang mengalami permasalahan  dalam proses pertumbuhan atau perkembangan baik berupa fisik, mental, dan emosional Universitas Lancang Kuning sebagai ranah pendidikan yang secara resmi mengakuisisi jurusan pendidikan khusus yang pertama di Pekanbaru, dibarengi dengan meningkatnya antusias anak disabilitas untuk kuliah di Universitas Lancang Kuning. Kondisi ini menjadikan Universitas Lancang Kuning menjadi salah satu penyelenggaraan pendidikan inklusif di Provinsi Riau. Lingkungan kampus sangat mempengaruhi anak berkebutuhan khusus untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang urgensi bahasa isyarat di lingkungan kampus Universitas Lancang Kuning dikarena mencermati ada sekitar 14 disabilitas tunarungu menjadi mahasiswa di Universitas Lancang Kuning, bahasa isyarat yang merupakan salah satu bahasa yang digunakan anak tunarungu tentunya menjadikannya sebagai suatu hal penting dalam mendukung studi mereka, dengan begitu banyak mahasiswa, dosen dan staf yang belum memehami betul bagaimana karakteristik berkomunikasi dengan anak tunarungu tentunya ini menjadi permasalahan yang akan dialami anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa tunarungu, mahasiswa, dosen, dan staf yang terlibat di lingkungan anak tunarungu dalam mengumpulkan informasi tentang urgensi bahasa isyarat di lingkungan kampus anak tunarungu

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-30
Abstract viewed = 0 times