PEMBANGUNAN DAPUR ONLINE BERBASIS ANDROIDDALAM MENDUKUNG USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH
AN ANDROID-BASED ONLINE KITCHEN DEVELOPMENTTO SUPPORT THE MICRO, SMALL, AND MEDIUM ENTERPRISERS
Abstract
Perkembangan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi melalui perangkat mobile, khususnya bagi pengguna smartphone. Sehingga memicu perkembangan bisnis digital seperti e-commerce yang membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan produk serta inovasi baru dalam bidang kuliner untuk ibu rumah tangga, anak kos, dan UMKM di kota Pekanbaru. Aplikasi dapur secara daring ini diuji dengan di instalkan secara langsung pada android dan di berikan kepada masyarakat dengan hasil pengujian menggunakan metode pengujian black box testing, dengan pengumpulan datanya berupa wawancara, studi pustaka, penyebaran koesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Aplikasi dapur online berbasis android ini dapat digunakan untuk mempermudah penjualan makanan.
Downloads
References
M. Vanden Abeele, R. De Wolf, and R. Ling, “Mobile media and social space: How anytime, anyplace connectivity structures everyday life,” Media Commun., vol. 6, no. 2, pp. 5–14, 2018.
R. Law, I. C. C. Chan, and L. Wang, “A comprehensive review of mobile technology use in hospitality and tourism,” J. Hosp. Mark. Manag., vol. 27, no. 6, pp. 626–648, 2018.
J. Chen et al., “Exploring the development of research, technology and business of machine tool domain in new-generation information technology environment based on machine learning,” Sustain., vol. 11, no. 12, pp. 1–38, 2019.
V. V. Okrepilov, B. B. Kovalenko, G. V. Getmanova, and M. S. Turovskaj, “Business process transformation: Impact mobile technology and social networks on the business dynamics of the company,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1515, no. 3, 2020.
G. George, K. R. Lakhani, and P. Puranam, “What has changed? The impact of Covid pandemic on the technology and innovation management research agenda,” J. Manag. Stud., vol. 57, no. 8, pp. 1754–1758, 2020.
D. Arisandi and Sukri, “An Analysis of the Expediency Social Media for Culinary Products Marketing on Micro and Middle Enterprise in Pekanbaru City,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 97, no. 1, 2017.
S. Sukri and D. Arisandi, “Analisa Pembeli Kuliner Terhadap Pembaharuan Informasi Melalui Media Sosial Di Kota Pekanbaru,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 2, pp. 122–130, 2017.
S. Sukri and D. Arisandi, “Analisis Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial Produk Kuliner Usaha Kecil dan Menengah di Pekanbaru,” J. Buana Inform., vol. 8, no. 4, pp. 235–242, 2017.