PROMOSI DALAM MENARIK MINAT MAHASISWA BARU: SEBUAH TINJAUAN KEGIATAN PROMOSI DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING
Abstract
ABSTRAK
Unilak, saat ini unilak belum menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lain yang ada di Riau. Untuk itu unilak dapat mengatasi persaingan ketat dengan menugaskan tim promosi unilak untuk membuat berbagai macam strategi promosi, seperti brosur, media social, periklanan, publisitas, dan word of mouth. Akan tetapi strategi promosi tersebut belum berhasil dengan baik dan belum sesuai dengan yang diinginkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi promosi dan efektifitas kegiatan promosi di unilak selama ini serta apa-apa saja yang menjadi kendalanya. . Bagi pengambil keputusan dalam hal ini adalah Pimpinan Universitas Lancang Kuning, hasil penelitian ini bisa dijadikan rekomendasi untuk memperbaiki strategi promosi dan menemukan kendala-kendala pelaksanaannya sehingga dapat menemukan model promosi yang lebih baik untuk dapat diterapkan dimasa yang akan datang.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Lancang Kuning, yang mana pemilihan informan penelitian dilakukan berdasarkan informan yang peneliti anggap relevan dan sesuai dengan tujuan penelitian ini, yaitu Tim Promosi ( tenaga struktural dan fungsional yang terlibat) di Universitas Lancang Kuning dan calon mahasiswa baru tahun 2021 yang mendaftar dan melakukan registrasi ulang pada unilak. Metode sampling untuk mahasiswa adalah rancangan sampel probalitas (probality sampling design) dengan teknik sampel acak sederhana (simple random sampling).
Hasil evaluasi terkait strategi promosi melalui Iklan ( Baliho, spanduk, leaflet, poster, brosur, dll), Personal Selling ( Kunjungan sosialisasi ke SMA/SMK), Publisitas ( Jejaring Sosial, Facebook, IG, website, dll) dan Word Of Mouth ( Informasi dari Pegawai, dosen dan mahasiswa) menunjukan Persentase Skor Kepuasan rata-rata 85% yang artinya >84-100 adalah Responden Sangat Puas. Hasil evaluasi efektifitasnya kegiatan promosi unilak yang dilihat dari Aspek Empathy, Persuation , Impact Dan Communication yang dalam hal ini menunjukan Persentase Skor Tingkat Penilaian rata-rata 91% yang artinya >84-100 adalah Sangat Efektif.
Kata Kunci: Strategi, Promosi, Efektifitas, Kendala, Unilak
Downloads
References
Rakhmat, Jalauddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Mar’at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan dan Pengukurannya. Bandung: Ghalia Indonesia.
Morissan. 2013. Psikologi Komunikasi, Cet 2. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Mulyono Rosmawati, Tri Umari. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Minat
Siswa Tentang Perguruan Tinggi Kelas Xi Farmasi Ikasari Pekanbaru T.P. 2014/2015.
Rakhmat, Jalauddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba 4.
Singarimbun, Masri. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia
Surya Dharmawansyah,Hafied Cangara, M. Iqbal Sultan. 2014. Strategi Promosi dalam
Meningkatkan Jumlah Mahasiswa pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA
Dewi Rosa Indah dan Zenitha Maulida . 2017. Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa) . JURNAL PENELITIAN EKONOMI AKUNTANSI (JENSI), VOL. 1, NO. 2, DESEMBER 2017l
Copyright (c) 2022 Jeni Wardi, Gusmarila Eka Putri, Olive Anggie Johar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.