KENDALA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS LANCANG KUNING DALAM PELAKSANAAN MATA KULIAH MICROTEACHING T.A 2016/2017
Abstract
ABSTRAK :Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala mahasiswa dalam pelaksanaan mata kuliah microteaching di prodi pendidikan biologi FKIP Universitas Lancang Kuning tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan teknik total sampling yang dilakukan di prodi pendidikan biologi FKIP Universitas Lancang Kuning. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 81 mahasiswa. Berdasarkan analisis persentase kendala mahasiswa dalam pelaksanaan mata kuliah microteaching sebesar 59.72%. Kendala mahasiswa yang dipengaruhi oleh aspek persiapan tertulis sebesar 58.18%, kendala mahasiswa yang dipengaruhi oleh aspek proses belajar mengajar diperoleh sebesar 58.95%, kendala mahasiswa yang dipengaruhi oleh sikap dalam mengajar diperoleh sebesar 65.52%. Kendala mahasiswa yang dipengaruhi oleh mater pedagogi diperoleh sebesar 56.25%. Kendala mahasiswa keempat indikator diatas termasuk kategori sedang (50-75). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami kendala dalam pelaksanaan mata kuliah microteaching di prodi pendidikan biologi FKIP Universitas Lancang Kuning termasuk dalam kategori sedang.
Downloads
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.