PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DIPADUKAN MODEL PAIR CHECK TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP N 19 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Rikizaputra Rikizaputra Universitas Lancang Kuning
  • Amatul Hasanah Universitas Lancang Kuning
Keywords: Course Review Horay, Pair Check, pengetahuan konseptual, motivasi, gerak tumbuhan

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay  dipadukan model Pair Check terhadap pengetahuan konseptual dan motivasi belajar pada konsep gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII SMP N 19 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment the matching only pretest posttesr control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.1 berjumlah 35 orang dan siswa kelas VIII.2 berjumlah 36 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan Uji-t independent 2 sampel. Retata N-Gain pada kelas kontrol adalah 0.33 (kategori sedang) dan pada kelas eksperimen adalah 0.81 (kategori tinggi). Rerata skor angket pada kelas kontrol adalah 59.92 dan pada kelas eksperimen adalah 76.37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Course Review Horay  dipadukan model Pair Check terhadap pengetahuan konseptual dan motivasi belajar pada materi gerak pada tumbuhan siswa kelas VIII SMP N 19 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-11
How to Cite
Rikizaputra, R., & Hasanah, A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DIPADUKAN MODEL PAIR CHECK TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII SMP N 19 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 23-32. https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1009
Section
Article
Abstract viewed = 550 times
Rikizaputra pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>